Marlupi

Hidup hanya sekali, harus berarti. Kau dilahirkan Ibumu menangis, sedang orang-orang di sekitarmu tertawa ria. Bersungguh-sungguhlah dalam menempa hidupmu, agar...

Selengkapnya
Bagaimana Cara Penomoran Halaman ?
tek.id

Bagaimana Cara Penomoran Halaman ?

Kita sering menjumpai naskah dalam satu file menggunakan format penomoran halaman yang berbeda. Misalnya saja naskah proposal, naskah buku, naskah skripsi , naskah PTK , atau naskah- naskah yang lain. Bila kita perhatikan seksama format halaman yang digunakan berbeda untuk kata pengantar maupun isi . Biasanya pada halaman awal menggunakan angka romawi( i,ii,iii,..) , baru setelah masuk ke materi pokok menggunakan angka arab ( 0,1,2,3 ).

Pada awalnya saya sering membuatnya secara terpisah, maklumlah gaptek. Ada dua file untuk satu naskah, yaitu file awal atau pendahuluan dan file isi, baru kemudian minta tolong suami untuk menggabungkan. Lama-lama saya pun penasaran dan ingin belajar biar mandiri. Alhamdulillah setelah mencoba berkali-kali akhirnya bisa juga, meski belum mahir tak mengapa.

Berikut saya mencoba untuk berbagi tip cara membuatnya. Biar tidak lupa nitip di gurusiana ya..hehehe. Terkadang kalau lama tidak digunakan jadi lupa caranya. Nah kalau nitip di gurusiana kan filenya tidak akan hilang, nanti kalau lupa dan mau dipakai tinggal buka lagi. Mudah kan..syukur-syukur tip ini bermanfaat.

Saya akan mengubah format halaman dari menggunakan angka romawi beralih ke angka arab ( 0,1,2,3..) pada halaman berikutnya. O ya saya menggunakan microsof word 2016 ya. Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Letakkan kursor pada halaman yang akan diubah formatnya. Bila ada teks maka letakkan kursor pada awal teks.

2. Kemudian klik layout, pilih breaks akan ada tulisan section breaks , pilih next page ( gambar 1 )

3. Setelah itu klik header atau footer yang bertuliskan nomor halaman , kemudian klik page number , pilih format page number , kemudian pilih format sesuai yang diinginkan ( gambar 2 )

4. Klik start at , kemudian pilih ok bila telah selesai, dan....jreng-jreng jreng....nomor halaman pun akan berubah sesuai dengan yang Anda inginkan. Kini dalam satu file sekarang ada format halaman yang berbeda.

5. Selamat mencoba.

Sore-sore paling nikmat minum kopi

Sambil makan tempe mendoan

Masih muda jangan angkat topi

Pantang menyerah meraih impian

12012019#edisibelajar#

Gambar 1

Gambar 2

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Alhamdulillah, mendapatkan tip hebat dari Bunda nan smart. Terimakasih, Bunda Marlupi. Sangat bermanfaat, apalagi jika menyusun naskah dalam satu file, dari judul sampai profil penulis. Barakallah, Bunda.

12 Jan
Balas

Terima kasih Bunda Ayu' sebenarnya tulisan ini berangkat dari saya yang sedang belajar dan mudah lupa koq, edisi belajar hehehe...terima kasih juga kunjungan dan doanya...barakallah

13 Jan

Terima kasih bunda, ilmu yang sangat bermanfaat untuk saya yang sering kebingungan melakukan penomoran halaman. Barakallah bunda

13 Jan
Balas

Maa sama Bunda Dyahni...saya juga belajar, nih nitip di gurusiana agar tak lupa...sehat selalu Bund...barakallah

15 Jan

Jazakillah khoir, Bu Guru syanntiiiqqqq. Sangat bermanfaat. Apalagi untuk Mbah uthi yang gaptek. Ntar, Uthi coba deh, waktu menyusun naskah. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Bu Guru.

12 Jan
Balas

Aamiin....terima kasih Bunda Rai, semoga bermanfaat , sambil belajar agar tak lupa...terima kasih doanya semoga Bunda selalu sehat dan sukses juga.. Barakallah

13 Jan

Waduh, aku mah gaptek Bunda. Sukses selalu dan barakallah

12 Jan
Balas

Tidak ya Bund..gaptek dan banyak karya itu luar biasa....sukses juga untuk Bunda Vivi...barakallah

13 Jan

Makasih Bunda Cantiiq..Diriku selalu bermasalah dengan penomoran halaman..Sehat dan sukses selalu..Barakallah..

12 Jan
Balas

Saya juga Kakak cantiik...makanya saya tulis biar kalau lupa bisa buka filenya. Selamat malam, sehat n sukses...barakallah juga

12 Jan

Oke bunda...siap mencobanya... suka selalu bunda dan barakallah

12 Jan
Balas

Hehheehe.....saya juga belajar Bund...sehat selalu ..barakallah

12 Jan

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali