Marlupi

Hidup hanya sekali, harus berarti. Kau dilahirkan Ibumu menangis, sedang orang-orang di sekitarmu tertawa ria. Bersungguh-sungguhlah dalam menempa hidupmu, agar...

Selengkapnya
Belajar dari Sapu Lidi

Belajar dari Sapu Lidi

Benar adanya kalau hari Ahad itu hari keluarga ( family time ), waktunya untuk berkumpul dan beraktivitas bersama keluarga setelah 5 hari atau 6 hari sebelumnya bekerja. Seperti halnya Ahad ini, selain membereskan urusan rumah, ada beberapa acara keluarga yang harus dihadiri. Salah satunya adalah pertemuan Trah Keluarga Besar Mulyo Winoto.

Trah adalah sekelompok individu yang saling memiliki hubungan kekerabatan (silsilah) satu-sama lain. Terdapat suatu buku/catatan silsilah yang biasanya menjadi rujukan untuk menunjukkan hubungan kekerabatan itu. Hubungan kekerabatan ini kadang-kadang tidak hanya bersifat biologis tetapi juga sosial, dalam arti ada anggota yang diangkat (karena adanya perkawinan kedua atau adopsi, umpamanya) walaupun tidak terkait secara biologi. ( wikipedia )

Dalam masyarakat timur yang mengutamakan kebersamaan, seperti yang dipraktikkan oleh sebagian suku bangsa di Indonesia, anggota trah seringkali mengorganisasikan diri untuk mempererat hubungan personal di antara mereka. Dalam masyarakat Jawa, sering kali alasan yang dipakai adalah agar mereka tidak saling melupakan satu sama lain (kepatèn obor).

Selain alasan biar tidak kepaten obor, trah juga sering digunakan sebagai wahana mengumpulkann kembali balung pisah. Mereka yang hubungannya renggang bisa akrab dan saling mengenal kembali.Mungkin inilah salah satu kelebihan teknologi yang harus kita akui. Lewat aplikasi media sosial terutama whatshap sekarang sangat mudah untuk membentuk grup trah. Seorang bisa memiliki beberapa grup trah, dari keluarga besar ibu, bapak, ibu mertua, ayah mertua, sampai tingkat yang lebih atas atau bawahnya. Punya berapa grup trah Anda?

Sesuai kesepakatan biasanya grup trah mengadakan pertemuan rutin. Ada yang 3 bulan sekali, ada yang 6 bulan sekali sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing. Kebetulan salah satu trah kami, mengambil 6 bulan sekali, di awal tahun dan di waktu lebaran Idul Fitri. Sesepuh kami, menyampaikan adanya falsafah sapu lidi yang digunakan dalam kebersamaan keluarga besar ini. Bagaimana ceritanya ?

Kita semua tentu mengenal sapu lidi, bahkan hampir seluruh rumah tangga memiliki sapu lidi. Keluarga besar diibaratkan sapu lidi yang terdiri dari banyak batang lidi. Satu batang lidi apakah bisa digunakan? Tentu sangat terbatas, bahkan cenderung sulit digunakan. Bagaimana kalau batang-batang itu kita ikat jadi satu? Akan terbentuk sapu lidi yang banyak manfaat dan kuat, di antaranya adalah bisa digunakan untuk membersihkan sampah. Ini mengandung maksud bahwa dengan bersama-sama masalah seberat apapun akan bisa diselesaikan dengan baik. Trah menjadi media yang bisa mempersatukan satu dengan yang lain. Saling mengenal saudara sedarah, ataupun saudara yang sebenarnya tidak ada ikatan. Setelah mengenal maka ada upaya saling memahami, yang kemudian saling menolong, bersatu menghadapi kendala dan hambatan. Dengan bersatu masalah seberat apapun akan bisa diselesaikan.

Setelah dipakai, lama kelamaan maka sapu lidi akan semakin pendek. Meskipun demikian sapu ini justru semakin kuat dan kokoh. Demikian juga dengan kita, dengan bertambahnya usia berarti semakin banyak makan asam garam kehidupan, sehingga semakin matang dan kuat dalam menghadapi kehidupan ini.

Alhamdulillah ternyata trah banyak manfaatnya, semoga pertemuan baik lewat dumay maupun dunia nyata bisa menjadikan kita seperti sapu lidi yang membawa banyak manfaat dan semakin kokoh seiring dengan perjalanan waktu. Terlebih kita ketahui bahwa menjalin silaturahmi itu banyak sekali manfaatnya, sebagaimana pernah saya tulis dalam http://marlupi.gurusiana.id/article/indahnya-silaturahmi-2272530

#edisibelajar#hariesoklebihbaik#

07012019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Benar bunda, budaya yang harus terus dilestarikan. Agar tidak ada generasi yang tercecer. Biasanya semakin banyak keturunannya sering tidak tahu buyut ataupun canggahnya. Seperti lidi, menyusun yang tercecer. Barakallah bunda.

07 Jan
Balas

Iya Bunda Dyahni...nglumpukke balung pisah. Terima kasih sudah singgah..semangat pagi...barakallah

07 Jan

Janji Allah akan indahnya silaturrahmi pasti akan berbayar. Baik di dunia ini, terlebih di akhirat kelak. Mengumpulkan yang terserak menjadi satu kekuatan yang dapat saling membantu sungguh perbuatan yang sangat mulia. Menghidupkan obor agar jangan sampai kepaten, membuat generasi berikutnya dapat mengenal keluarga besarnya dengan baik, terhimpun bagaikan sapu lidi yang akan miliki kekuatan setelah bersatu dengan yang lainnya. Sesuatu yang patut untuk dicontoh, apa yang dilakukan oleh trah keluarga besar Mulyo Winoto. Menginspirasi, bu guru. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

07 Jan
Balas

Alhamdulillah.....yang kurindukan kini sudah jadit kembali. Terima kasih apresiasi, inspirasi pagi ini Bunda Rai, benar sekali semoga sesama keluarga besar tidak kepaten obor, menjadi insan-insan yang tangguh . semangat pagi, semoga senantiasa sehat Bunda....barakallah

07 Jan

Benar sekali Bunda Marlupi, sapu lidi sebagai ibarat dalam melakukan sesuatu atas u dalam menggapai sesuatu yang memerlukan kekuatan bersama. Kebersamaan yang menciptakan kekuatan merupakan hal yang perlu ditanamkan dan dipertahankan. Sungguh dalam sapu lidi mengandung nilai filosofis yang luar biasa. Sukses selalu dan barakallah

07 Jan
Balas

Iya Bunda Vivi.. Bersatu kita teguh..kuat dan kokoh, sehingga hambatan sebesar apapun bisa dihadapi..terima kasih sudah singgah..sehat n sukses.. Barakallah

07 Jan

Jalinan silaturahmi banyak manfaatnya..saling tolong menolong antar saudara ..sungguh indah... Saling bergandengan tangan akan memperkokoh ikatan..Semangat pagi dengan sapu lidinya...Selalu sehat dan menginspirasi..Barakallah..

07 Jan
Balas

Tepat Bunda Rini..bersatu kita teguh, dan mampu menghalau hambatan maupun masalah...terima kasih disempatkan singgah...sehat n sukses. Barakallah

07 Jan

Indahnya silaturahmi dan persaudaraan, sapu lidi yang kuat dan obor yang tetap menyala.Sehat dan bahagia, Bu Lupi bersama keluarga...

07 Jan
Balas

Tepat Jeng Fila....selamat bertugas, sehat dan sukses...barakallah

07 Jan

Terus jalin silaturahmi bunda...sehat dan sukses selalu... barakallah

07 Jan
Balas

Terima kasih doa dan apresiasinya Bunda Yanisa...sehat dan sukses juga..barakallah

07 Jan

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali