Marlupi

Hidup hanya sekali, harus berarti. Kau dilahirkan Ibumu menangis, sedang orang-orang di sekitarmu tertawa ria. Bersungguh-sungguhlah dalam menempa hidupmu, agar...

Selengkapnya
Hari Ketiga PPDB Zonasi

Hari Ketiga PPDB Zonasi

Hari ini adalah hari ketiga atau terakhir untuk verifikasi pendaftaran PPDB SMP/MTs. Was-was akan hasil yang didapatkan. Ikhtiar sudah dilakukan tinggal menunggu hasil akhirnya. Meskipun pengumuman resmi besok pagi, tetapi karena menggunakan sistem Real Time On line ( RTO ) , maka hasilnya sudah dapat diakses dan diketahui dengan cepat.

PPDB yang sekarang lagi hangat-hangatnya karena menggunakan sistem zonasi membuat para orang tua tetap harus jeli dan tepat dalam melangkah. Untunglah jalur zonasi di daerah kami ada beberapa jalur, sehingga orang tua bisa mencari jalur yang paling tepat agar putra-putrinya bisa sekolah di sekolah yang diinginkan. Tepatnya ada tiga jalur yaitu jalur zonasi lingkungan sekolah, jalur prestasi dan jalur reguler.

1. Jalur zonasi lingkungan sekolah.

Jalur ini diperuntukkan bagi calon peserta didik baru yang berdomisili di lingkungan terdekat dengan sekolah. Keberuntungan bagi mereka yang dekat dengan sekolah. Hal ini tentu sangat bisa dipahami. Sekolah tidak mungkin berdiri sendiri, tetapi harus bergandengan erat dengan lingkungan sekitar, sehingga sangat ironis ketika orang yang berbatas tembok dengan sekokah tidak bisa masuk. Jalur ini dianggap jalur yang sesuai dan bijak untuk mereka yang tinggal sangat dekat dengan sekolah. Bagaimana dengan mereka yang tetiba berdomisili dekat sekolah ( pindah KK)? Di sinilah pentingnya verifikasi. Ada batasan tertentu dengan yang dimaksud domisili. Mereka yang menumpang tinggal di rumah saudara atau mereka yang telah lama tinggal. Tentunya kejujuran harus dijunjung tinggi, dan C1 atau kartu keluarga sangat penting.

2. Jalur prestasi.

Jalur ini diperuntukkan bagi mereka yang mempunyai prestasi baik akademik maupun non akademik. Syarat mendaftar adalah bagi mereka yang memiliki nilai rata-rata 80. Calon peserta didik baru yang berprestasi bisa bersaing masuk lewat jalur ini, karena kuotanya terbatas. Jalur ini untuk mengakomodir mereka yang memiliki prestasi tetapi jauh dari lingkungan sekolah.

3. Jalur zonasi reguler RTO.

Jalur ini diperuntukkan bagi semua calon peserta didik baru baik di dalam zona maupun di luar zona. Bagi mereka yang di dalam zona akan mendapatkan tambahan poin zona. Dengan demikian calon yang berasal dari luar zona harus benar-benar memiliki nilai yang lebih dari dalam zona agar bisa masuk. Di sinilah ketegangan dimulai, karena bersifat kompetitif. Pendaftar dengan nilai tinggi otomatis akan menempati urutan teratas. Untunglah diberikan dua pilihan sekolah, sehingga bila tidak diterima di pilihan satu maka akan terlempar ke pilihan selanjutnya. Jeli dan tepat dalam mengambil peluang sangat dibutuhkan agar tidak salah dalam menentukan pilihan.

Jadi putra-putri Anda mau masuk lewat jalur yang mana? Bagaimana zonasi PPDB di daerah Anda?

Semoga mendapatkan sekolah yang terbaik.

#edisippdbrto#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Wah, di sekolah aku mah gak pake zonasi Bunda Lupi, karena swasta, hehehe. Sukses selalu dan barakallahu fiik

03 Jul
Balas

Bebas zona berarti Bund.. Lancar jaya.. Terima kasih Bunda Vivi.. Barakallah Bund

03 Jul

Saya tahun depan Bun...Si bungsu...Sekarang naik kelas 6...Semoga ada perubahan peraturan yan lebih baik. Semangat pagi Dik...

03 Jul
Balas

Aamiin..semoga selqlu berubah ke arah yang lebih baik ya Kak. Alhamdulillah Adik dah ketrima di sekolah terdekat. Terima kasih Kak.. Barakallah

04 Jul

Semoga masyarakat bisa arif dan bijak dalam menyikapi aturan pemerintah dalam hal zonasi PPDB. Barakallah Bu Upik

03 Jul
Balas

Benar Bu...karena setiap kebijakan pasti ada plus minusnya. Terima kasih dah singgah. Barakallah Bu Noor..

04 Jul

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali