Marlupi

Hidup hanya sekali, harus berarti. Kau dilahirkan Ibumu menangis, sedang orang-orang di sekitarmu tertawa ria. Bersungguh-sungguhlah dalam menempa hidupmu, agar...

Selengkapnya
Jangan Gagal Fokus Jum!
makeitation

Jangan Gagal Fokus Jum!

Braaaaak....

“Apa Jum?” tanya Kang Karyo begitu mendengar suara benda jatuh begitu keras di ruang tamu.

“Auuw....!Ini Kang, kursi jatuh,” jawab Yu Jum sambil meringis kesakitan.

“Kenapa? Koq bisa ?” tanya Kang Karyo sambil membantu istrinya berdiri.

“ Kesenggol kaki,” jawab Yu Jum.

“O....kamu nyapu sambil pegang ponsel? Ya jelas ngga fokus Jum. Dah berapa kali kamu gafok? Kemarin manasi sayur hangus, nggoreng ikan gosong.,” ujar Kang Karyo kesal.

“Iya Kang, maaf,” jawab Yu Jum lirih.

“Bukan apa-apa Jum, boleh saja membuka ponsel, tapi ya jangan ketika memasak, menyapu atau yang lain. Kamu tahu kenapa? Salah satu penyebab kurang konsentrasi dan gagal fokus itu karena ponsel ,” jelas Kang Karyo.

“Iya ya Kang, koq bisa?” tanya Yu Jum.

“Bisa saja. Berita atau apa pun yang kita baca di ponsel seakan menguasai otak kita, sehingga ketika kita melakukan pekerjaan , akan sulit fokus. Otak terlalu banyak menyimpan, berita atau gambar dari ponsel. Apa yang kita kerjakan menjadi tidak maksimal. Jangan kalah dengan benda mati Jum. Ponsel kita matikan, tidak dibuka, ia diam saja koq, tidak protes,” kata Kang Karyo.

“Begitu ya Kang. Pantesan anak –anak sekarang sulit fokus ya. Mengerjakan soal yang mudah saja, mereka tampak begitu berat,”

“Ya tentu saja begitu, karena pikiran mereka sudah terlalu banyak menyimpan informasi dari ponsel dan belum mampu mengolahnya dengan baik. Terlebih untuk anak usia di bawah 14 tahun. Sangat mengganggu dan menyebabkan anak menjadi susah fokus. Makanya kenapa aku kemarin tak setuju kau kasih hadiah ponsel untuk Adik. Usianya masih sepuluh tahun. Biarkan saja dulu. Nanti kalau sudah lebih dari 15 tahun baru kita belikan ponsel,” tambah Kang Karyo.

“O..begitu to Kang. Jadi pemakaian ponsel yang belum waktunya bisa mengakibatkan kurang konsentrasi ya,” jawab Yu Jum sambil menggosokkan balsam di kakinya yang kena kursi.

“Ya nggak cuma anak-anak Jum yang sulit fokus, kamu juga, kalau terlalu banyak membuka ponsel. Ngomong-omong mbuka wa siapa tadi koq sampai ngga lihat kursi?” tanya Kang Karyo.

“Yee....siapa yang mbuka wa, cemburu yaa? Aku kan lagi mbuka gurusiana,” jawab Yu Jum.

“Bukan cemburu Jum, untuk apa. Maksudku apa tidak nanti saja buka ponselnya. O ya, segera siap-siap, tak usah siang-siang ke TPS. Ingat ke bilik tak usah bawa ponsel, nanti ngga fokus milihnya!” ujar Kang Karyo.

“Ashiaaaap Boss...hehehe,” jawab Jum sambil beranjak ke dapur.

Banguntapan, 17042019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Mungkin Yu Jum sedang mencari informasi, coblosannya sudah dimulai apa belum.

17 Apr
Balas

Hehehe..nggih Pak Edi..selamat memilih. Terima kasih sudah singgah...

17 Apr

Sip

17 Apr
Balas

Makasiiiih Teh

17 Apr

OK..lah kalau begitu. Kita ke TPS, dan jangan sampai gagal fokus gegara tu ponsel. Kantongin atau simpen di tas dulu, nggih Bu Guru? Alhamdulillah, dah diingatkan. Jangan pegang ponsel melulu. Jazakillah khoir untuk pesan indah dari Kang Karyo. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Bu Guru Lupi. ❤❤❤

17 Apr
Balas

Hehehe..iya Bunda...siaaap...alhamdulillah sudah fokus nih. Terima kasih dah mampir. Salam sehat dan sukses..barakallah Bund

17 Apr

Hihihi, sama kayak aku, sampai HP-ku nyemplung ke bak mandi, hehehe. Sukses selalu dan barakallahu fiik

17 Apr
Balas

Waduuuh..hapenya mo mandi ya Bund? Terima kasih dah mampir..sukses selalu Bund...barakallah

17 Apr

Auww...telur gosong akibat pegang ponsel...he..he..Selamat memilih Yu Jum....Barakallah Dik Upik...

17 Apr
Balas

Xixixix....hayoo...alhamdulillah dah milih Kak...salam sehat dan sukses...barakallah ya

17 Apr

Xixixix....hayoo...alhamdulillah dah milih Kak...salam sehat dan sukses...barakallah ya

17 Apr

Yu Jum aja bisa gagal fokus, pantesan anak-anak dipanggil pada moh semaur rupanya pada gagal fokus.Barakallah Ibu Marlupi

17 Apr
Balas

Hehehe...iya Abah...apalagi anak-anak ya... Belum waktunya menyimpan berita terlalu banyak..Terima kasih sudah singgah ..sehat dan sukses selalu ..Barakallah Abah

17 Apr

Hehehe...yg penting skrg sdh nyoblos Yu Jum.... selamat berlibur.

17 Apr
Balas

Alhamdulillah udah.tapi ngga istikarah, baru libur..bismillah Bu...mwt libur juga....

17 Apr

Siiap

17 Apr
Balas

Ayuuuuk...aku sudah

17 Apr

Pengalaman pribadi waktu itu ya dik....klo kita kerja mmg hrs fokus ...klo dak bisa celaka atau sial. ..mksh dik sukses sll...

17 Apr
Balas

Wkwkwkwkw....iya Mbak..aampe.njarem...selamat berlibur ya....

17 Apr

biar fokus.. mahu nyoblos doa dulu... jangan lupa sarapan

17 Apr
Balas

Betuuul...ni fah manfi, dah sarapan, bismillah...

17 Apr

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali