Marlupi

Hidup hanya sekali, harus berarti...

Selengkapnya

Kapan ( Sebaiknya ) Kita Membuka Medsos?

Tak dipungkiri di era zaman “ now “ ini medsos berkembang sangat pesat bak gorengan. Hampir semua kalangan sudah tak asing lagi dengan dunia medsos. Dari facebook, instagram, BBM, Telegram, sampai yang paling banyak penggunanya adalah “ wa “. Komunitas kantor, masyarakat, sekolah , alumni dan masih banyak lagi grup-grup bertebaran di dunia medsos. Kalangan anak-anak, remaja, orang tua bahkan kakek nenekpun sudah sangat familiar .

Begitu banyak kemudahan-kemudahan yang ditawarkan dari dunia medsos. Mulai dari undangan rapat, sampai makalah atau file –file pun bisa kita kirim via medsos, sehingga mempersingkat jarak dan waktu di seantero dunia. Seolah tiada jarak antar benua. Dalam hitungan detik, kita bisa berkomunikasi dengan teman dari belahan dunia manapun.

Seiring dengan kemudahan yang kita dapat, , coba kita tengok fenomena yang tampak di sekitar kita. Hampir setiap waktu, orang-orang sibuk dengan dunia medsosnya masing-masing. Hingga terkadang tanpa disadari sedetik saja berpisah dengan android, terasa mati gaya. Tak berlebihankah kita?

Pemandangan yang tak jarang kita temui ketika berada dalam sebuah ruangan. Ada yang asik ngobrol, namun tak sedikit yang asik senyum-senyum sendiri dengan android mereka. Acuh dan tak peduli dengan sekitar. Sungguh menjadi ironis, ketika interaksi dengan teman di dunia medsos jauh lebih intensif dan lebih akrab, tetapi teman di sebelah tak disapa. Kita benar-benar bagaikan “sarden”. Raga kita begitu dekat, tetapi rasa kita sungguh sangat jauh, bahkan mungkin kita memang tidak mengenal satu sama lain.

Apakah kita akan seperti ini terus? Sudah saatnya kita bisa mengontrol fungsi dan manfaat medsos. Terutama mengenai waktu yang tepat untuk membukanya. Kapan waktu yang tepat membuka medsos? Saat bekerja, sebelum tidur, bangun tidur, saat bersama keluarga, saat rapat, saat berbunyi, atau saat-saat yang lain. Kitalah yang paling tahu kapan saat yang tepat untuk membuka medsos. Semua kembali pada diri kita masing-masing. Tentu takkan bijak , ketika kita bersama orang tua , anggota keluarga yang lain atau teman kerja, tetapi kita malah asyik dengan teman dunia maya kita.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

sip, bijak berlaku. Hati-hati juga pada anak yang pinjam HP ortunya. jangan isi muatan yang tak layak.

28 Feb
Balas

betul Bapak...

01 Mar

Setuju bunda

28 Feb
Balas

makasih Bund..

01 Mar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali