Marlupi

Hidup hanya sekali, harus berarti...

Selengkapnya
KDRT ....oh no.....

KDRT ....oh no.....

KDRT ….oh no?

Geram dan juga marah, ketika kita mendengar istilah “KDRT” . Langsung terbayang di pelupuk mata, adanya pelanggaran hak anak manusia sehingga ada yang merasa terdzalimi. Jangan geram dulu, karena KDRT yang dimaksud di sini bukanlah Kekerasan Dalam Rumah Tangga, tetapi banyak “ K “ yang mestinya ada di dalam rumah tangga. KDRT seharusnya menjadi pondasi yang utama dalam rumah tangga agar mampu mencetak generasi harapan masa depan yang berkarakter, berguna dan bermartabat. Apa sajakah KDRT itu?

1. Kasih sayang

Kasih sayang harus selalu dihadirkan dalam rumah tangga. Anak yang berkembang dengan cukup kasih sayang dari keluarganya, dia tidak akan cari-cari perhatian di luar rumah. Dia akan tumbuh menjadi pribadi yang penuh kasih sayang pula. Karena bagaimanapun keseharian yang diterima di rumah akan ditiru dan diterapkan dalam kehidupan sosialnya. Bayangkan saja anak yang tumbuh dengan cemoohan , hinaan bahkan tanpa kasih sayang , bisa jadi dia menjadi arogan dan angkuh. Anak yang tumbuh dengan limpahan kasih sayang dari orang-orang di sekitarnya akan berkembang secara optimal, memiliki simpati dan empati yang tinggi pula.

2. Kerjasama

Kerjasama sangat diperlukan dalam rumah tangga. Antar anggota keluarga, orang tua dan anak harus bekerja sama untuk menjadikan keluarga yang bahagia. Contoh kecil dalam membersihkan rumah. Seluruh anggota keluarga bisa bekerja sama dengan pembagian tugas sesuai kemampuan. Hal ini tentu akan sangat melatih anak dalam hal tugas dan tanggung jawab. Selain belajar bertanggung jawab, lewat kerjasama anak akan tumbuh rasa saling menghargai dengan sesama

3. Komitmen

Komitmen untuk mewujudkan keluarga yang bahagia.

Demikianlah, mau tidak mau keluarga akan menjadi lembaga pendidikan yang pertama dan akan selalu ada dalam perkembangan anak. Untuk itu mari kita ciptakan rumah tangga yang penuh dengan KDRT. Kasih sayang, kerja sama, komitmen, kelembutan, kesederhanaan, dan hal-hal lain yang mendukung terwujudnya anak bangsa yang cerdas dan berkarakter. Semoga bermanfaat

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali