Marlupi

Hidup hanya sekali, harus berarti...

Selengkapnya
Masih Bingung Menulis???

Masih Bingung Menulis???

Disadari atau tidak, sebenarnya tiap hari kita sudah menulis. Entah menulis pesan singkat, atau sekedar membalas chat whatsApp dari teman-teman. Jadi sebenarnya apa yang menjadi kendala hingga kita kadang belum bisa menulis? Tak ada alasan yang jelas, kenapa kita tidak juga menulis.

Apa yang harus kita tulis? Buang waktu saja...mendhing lakukan yang lain...

Kalau kita berpikiran seperti itu, lalu apa bedanya kita dengan siswa-siswa kita. Hehehe....iya kan? Kita adakan program literasi, agar para siswa mampu membaca dan menulis, tapi kita sendiri tidak melakukannya. Lucu bukan? Jadi jangan salahkan mereka ketika malas menulis, kita saja juga demikian koq.

Jangan bingung untuk mulai menulis. Banyak ide bertebaran di sekitar kita. Ambil dan tulislah, sebelum ide itu diambil orang lain. Ide bisa datang dari mana saja. Ide bisa kita gali dari lingkungan terdekat, bahkan dari diri kita sendiri. Bila merasa tak ada ide yang bersumber dari diri kita, maka bisa dari keluarga, tetangga, atau orang-orang yang sering berinteraksi dengan kita. Sebagai guru tentu kita lebih banyak dan lebih luas kalangan atau komunitas interaksi kita. Setiap hari kita berinteraksi dengan siswa -siswa kita. Tiap siswa pasti punya keunikan sendiri sendiri...So..ada berapa ide yang bisa kita tuliskan? Sangat banyak bukan...

Ide sudah ada, tapi mengapa masih bingung juga untuk menulis? Bingung mau menulis dari kata apa...

Itu terkadang menjadi alasan yang sering kita dengar. Bingung untuk memulai kata dalam menulis. Tulis saja kata pertama yang muncul, maka kata itu akan memancing kita untuk menulis kata berikutnya. Mulailah menulis, dan mengalirlah seperti yang ada dalam benak pikiran kita. Setelah kita tulis, langkah selanjutnya adalah mengedit tulisan kita. Pada waktu melakukan edit inilah kesempatan kita untuk memperbaiki tata bahasa, pilihan kata yang ada agar lebih menarik dan enak untuk dibaca. Untuk permulaan, tentu saja tidak sekali saja dalam edit. Editing bisa kita lakukan berulang-ulang sesuai kebutuhan. Semakin sering menulis maka ketrampilan kita akan semakin terasah. Demikian juga dalam menangkap ide-ide yang ada sekitar kita. Selamat mencoba, salam literasi....

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Terima kasih bu sudah beri kuliah gratis segera ku tulis....

08 Sep
Balas

Saya juga belajar koq...hehehe..mari belajar bersama

11 Sep

Mantap! Sangat memotivasi!

08 Sep
Balas

Trimakasih...edisi terus belajar

11 Sep

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali