Marlupi

Hidup hanya sekali, harus berarti. Kau dilahirkan Ibumu menangis, sedang orang-orang di sekitarmu tertawa ria. Bersungguh-sungguhlah dalam menempa hidupmu, agar...

Selengkapnya
Menjaga Hati
Nur

Menjaga Hati

Jagalah hati jangan kau nodai

Jagalah hati lentera hidup ini

Begitu besarnya pengaruh hati dalam tubuh ini, sehingga ketika hati baik, maka baiklah manusia itu. Demikian juga letika hati itu rusak, maka rusaklah manusia. Maka menjaga hati agar senantiasa sehat dan baik itu sangat penting, agar kita selamat dunia dan akhirat. Agar bisa menjaga hati, kita perlu menghindari hal-hal atau perbuatan yang dapat merusak hati.

Menurut Hasan al Bashri ada enam hal yang bisa membuat hati menjadi rusak.

1. Melakukan kejahatan, kesalahan yang disengaja, dan yakin bakal dimaafkan. Sudah tahu salah tetapi tetap dilakukan, karena berpikir toh nanti pasti akan dimaafkan.

2. Orang yang berilmu, tetapi tidak melakukan. Sudah tahu salat jamaah itu baik, tetapi malas. Ibarat pohon yang begitu rimbun, tetapi sayang tidak berbuah.

3. Orang yang melakukan kebaikan tetapi tidak ikhlas. Ada maksud atau tujuan lain. Kalau melakukan pun terkadang sombong.

4. Menikmati rizki dari Allah SWT, tetapi tidak bersyukur dengan kata lain tidak syukur nikmat. Nikmat sehat yang diberikan tidak digunakan untuk melakukan kebaikan.

5. Sering takziyah, tetapi tidak bisa mengambil hikmah, padahal kematian itu kepastian yang sangat dekat. Setiap yang hidup pasti akan mati. Mestinya segera bersiap. Belajar dari kematian yang datang kapan saja dan di mana saja, sehingga diri tak bpleh terlena akan gempitanya dunia.

6. Tidak ikhlas dengan ketentuan Allah. Meratapi apa yang sudah Allah berikan. Padahal Allah lebih tahu apa yang terbaik untuk kita. Hendaknya hati senantiasa rida dan lapang, bahwa Sang Sutradara tak pernah salah.

Mari jaga hati kita dari enam hal di atas, agar senantiasa sehat, dan selamat dunia akhirat. Aamiin

#jagalahhati#puasa22#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Jika hati seseorang baik, maka sikap, perbuatan, dan tutur katanya akan baik. Sugeng enjang lan sugeng makarya, Bu Lupi.

27 May
Balas

Inggih Pak...Terima kasih. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah Pak Edi

27 May

Terima kasih, menjadi pengingat setiap langkah kita.

27 May
Balas

Terima kasih juga Pak Agus, ini juga upaya menyarikan kultum tadi pagi, agar senantiasa ingat. barakallah Pak

27 May

Semoga kita selalu bisa menjaga hati dari 6 perkara tersebut, nggih Bu Guru agar tak sakit hati. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Bu Lupi.

27 May
Balas

Aamiin... Terima kasih apresiasi dan doanya Bunda Rai.. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah

27 May

Subhanallah, hati sebagai penggerak amal perbuatsn, menjaganya merupakan keniscayaan. Sukses selalu dan barakallahu fiik

27 May
Balas

Aamiin.. Terima kasih Bunda Vivi.. Salam sehat dan sukses.. Barakallah

27 May

Aamiin Ya Robb, begitu sejuknya untaian tulisan bunda Lupi. Pengingat diri yang bernutisi. Barakallahu fiik bun, sehat dan sukses selalu.

27 May
Balas

Terima kasih Bunda Rita, semoga kia bisa menjaga hati.. Salam sehat dan sukses. Barakallah

27 May

Semoga kita bisa senantiasa menjaga hati ini...Semangat pagi Dik Upik...Barakallah...

27 May
Balas

Aamiin...Terima kasih Kakak... Salams sehat dan sukses Kak.. Barakallah

27 May

hati-hati, susah hati, seneng hati, sakit hati, ikhlas hati, lan jogo hati. Barskallah Ibu Marlupi sehat selalu

27 May
Balas

Begitu banyak hal terkait hati ya Abah. Terima kasih berkenan singgah. Salam sehat dan sukses. Barakallah Abah

27 May

Kalau hatinya baik .karakternya juga baik ya dik....sukses dik Upik...

27 May
Balas

Yuuups... Semoga demikian ya Mbak..Salam sehat dan sukses.. Barakallah

27 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali