Marlupi

Hidup hanya sekali, harus berarti. Kau dilahirkan Ibumu menangis, sedang orang-orang di sekitarmu tertawa ria. Bersungguh-sungguhlah dalam menempa hidupmu, agar...

Selengkapnya
Pelatihan VCT Batch 4 DIY Wilayah 11

Pelatihan VCT Batch 4 DIY Wilayah 11

Kita tentu sudah tak asing lagi dengan istilah belajar sepanjang hayat. Demikian juga dengan guru, yang kemudian kita kenal dengan guru pembelajar. Berani mengajar harus mau terus belajar. Dunia yang dinamis dan terus berkembang menuntut guru untuk siap beradaptasi dan keluar dari zona nyaman. Mengapa? Karena generasi yang kita siapkan adalah generasi yang memiliki tantangan yang berbeda.

Pelatihan Virtual Coordinator Training ( VCT ) BATCH 4 adalah salah satu pelatihan yang diselenggarakan oleh SEAMEO. Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah keterampilan para guru dalam memanfaatkan teknologi yang terus berkembang. Diharapkan ke depan guru dapat memanfaatkan teknologi ini untuk menyelesaikan berbagai tugas dan peningkatan kompetensi guru, sehingga tujuan dari pendidikan dapat tercapai.

Pelatihan VCT dilakukan secara on line. Peserta dilatih untuk menggunakan aplikasi room webex sebagai wadah berdiskusi dengan berbagai peran. Ada presenter atau pemateri, moderator, host, dan peserta meeting. Tiap peserta harus mencoba untuk menjadi semua peran tersebut. Penulis sendiri bergabung dengan pelatihan VCT BATCH 4 DIY Jateng di wilayah 11 Bantul Gunungkidul dengan penanggung jawab Ibu Harisana Wardani, S.Pd.SD. Apa saja yang dilakukan dan didapat dalam pelatihan ini?

1. Membuat gooegle form, flyer digital dan presensi secara on line

2. Menulis narasi yang menarik.

3. Mengelola room webex

4. Merekam dan mengupload kegiatan pada chanel you tube

Saya yang termasuk dalam kategori gagap teknologi ( gaptek ) hanya bermodal kemauan dan tekad mencoba untuk mengikuti pelatihan ini. Berkat bantuan para instruktur hebat yang sudah terlatih dan rekan – rekan peserta, pelatihan ini menjadi menyenangkan dan banyak sekali manfaatnya. Dalam pelatihan terbentuk ekosistem pembelajar. Ada kerja sama, saling berbagi , kekompakan untuk menyelesaikan tugas. Diskusi tidak hanya di grup besar tetapi juga melalui tim-tim kecil. Kendala atau hambatan yang ditemui dipecahkan secara bersama , sehingga ada rasa saling melengkapi antar peserta.

Materi yang disampaikan oleh para peserta dalam webex room pun sangat beragam dan menarik, sehingga benar-benar mendapatkan banyak pengetahuan. Tidak hanya materi pelatihan virtual dan pemanfaatan teknologi saja, tetapi juga materi-materi umum yang disampaikan oleh para presenter. Guru juga berlatih menjadi host dan moderator yang baik dalam sebuaah meeting. Kepiawaian host dan moderator dalam sebuah room sangat memengaruhi jalannya meeting. Demikian juga nantinya ketika VCT diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas.

Dunia benar-benar tak dibatasi oleh ruang dan waktu. Saatnya untuk beradaptasi dan maju. Teknologi yang terus berkembang hendaknya kita manfaatkan dengan baik untuk mendukung tugas-tugas kita bukan sebaliknya menjadi monster yang menakutkan. Inilah salah satu cara menjawab tantangan era revolusi industri 4.0. Menjadi guru pembelajar, siapa takut?

#edisibelajar#beranimencobaituperlu#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Ok Bun. Peningkatan kompetensi diri.

02 Jun
Balas

insahaallah Bapak. Terima kasih sudah singgah. Barakallah

02 Jun

Salam dari Bapak Warnoto Fisika Saya terima langsung, Wassalamu 'alaikum Wr.wb. terima kasih. Salam kembali.

02 Jun
Balas

Hehhee...alhamdulillah.... Selamat bersalaman. Reuni tipis meski hanya di dumay ..sehat selalu Pak Sera ... Barakallah

03 Jun

Barokallah bu Lupi, sukses selalu

02 Jun
Balas

aamiin.. Terima kasih Pak Guru.. Barakallah

02 Jun

Kereeen Bunda Lupi. Aku mah gaptek. Sukses selalu dan barakallahu fiik

02 Jun
Balas

Terima kasih Bunda Vivi...Njenengan mah bukan gaptek lho...ini masih belajar juga koq. Barakallah BUnd

02 Jun

Kalau mau ikutan bgm caranya mbakyu?

04 Jun
Balas

Tunggu info di daerah njenengan Bund... Nanti ada gelombang baru..makasih dah singgah..barakallah

04 Jun

Makin canggih guru2 tidak kalah dengan kecsnggihan teknilogi...

03 Jun
Balas

Semoga tidak kalah dengan teknologi ya Pak..makasih sudah singgah.. Salam sehat dan sukses..

04 Jun

Maju terus guru pembelajar. Apakah Ibu Marlupi kenal Bapak Semiono Raharjo?? Titip salam kalau terdeteksi. Maturnuwun.

02 Jun
Balas

Kenal dong...ni tadi satu room dengan saya Bapak. Beliau juga pakarnya Fisika and IT.. barakallah..nanti saya sampaikan

02 Jun

Hebat dik...sukses semangat sll...

02 Jun
Balas

Terima kasih Mbak,..mari belajar bersama. Kita pasti bisa...

02 Jun

Mantap bu marlupi. Sukses sllu. Sy bu Hamsinar bu, Instruktur BATCH 4 SULSEL 1. Semangat trus bu marlupi. Sal VCT.

02 Jun
Balas

Terima kasih Bunda Instruktur berkenan singgah... Sangat bermanfaat. Salam sehat dan sukses.. Barakallah Bund

02 Jun

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali