Marlupi

Hidup hanya sekali, harus berarti. Kau dilahirkan Ibumu menangis, sedang orang-orang di sekitarmu tertawa ria. Bersungguh-sungguhlah dalam menempa hidupmu, agar...

Selengkapnya
Siapa yang Layak Mendapat Hadiah dari Bapak Mohammad Ihsan?
dokumen fb

Siapa yang Layak Mendapat Hadiah dari Bapak Mohammad Ihsan?

Tanggal 9 Januari 2019 , hujan sangat deras. Rumahku pun kebocoran, dan aku pun menulis dengan judul Bocorrr http://marlupi.gurusiana.id/article/bocorrr-3616726... Setelah unggah tulisan kulanjutkan berselancar di FB Media Guru Indonesia. Ternyata Bapak Komandan mengadakan kuis pantun berhadiah . Wow...penasaran juga kan? Akhirnya kubuka video yang diunggah, karena pantunnya berdasar dari tayangan video. Sangat lucu, karena di tayangan itu, tampak seorang laki-laki paruh baya ingin memetik pepaya,, kemudian dia memanjat pohon pepaya ( nah lho.... ) . Bisa dibayangkan selanjutnya? Batang pepaya pun patah. Dan selanjutnya...

Ringkas cerita aku pun menulis pantun berdasarkan apa yang aku tangkap dari tayangan video tersebut

Ke Surabaya jalan-jalan
Beli oleh-oleh untuk tetangga
Maksud hati menggapai impian
Malah jatuh tertimpa tangga

Dari Surabaya membawa buah tangan
Tak lupa mampir ke Pacitan
Berusahalah dengan perhitungan
Agar tak jatuh kesakitan

Selang sehari aku pun melihat kembali kuisnya, siapa tahu sudah diumumkan dan dapat hadiah., hehehe...ngarep.com.Siapa sih yang tak mau dikasih kaos bergengsi dan elegant dari Media Guru ? Begitu kubuka. Jreng jreng jreng.....Hatiku rasanya berbunga-bunga . Pantunku dibalas dengan gif dari Pak Komandan, tulisannya Mantap Jiwa...Bahagianya tuh di sini sahabat gurusiana . Kira-kira apa yang terlintas di pikiran saya? Sama dengan dugaan pembaca, semakin ngarep ( hehehe ).

Pantun sudah sangat terkenal di dunia sastra, digunakan untuk mengungkapkan perasaan selain puisi. Tentu kita masih ingat dengan pelajaran zaman sekolah dulu. Ada beberapa ketentuan untuk penulisan pantun.

1. Satu bait pantun terdiri dari empat baris

2. Baris kesatu dan kedua adalah sampiran sedang baris ketiga dan keempat adalah isi

3. Pantun memiliki sajak abab

Jenis pantun pun bermacam-macam. Berdasarkan isinya ada pantun nasehat, pantun jenaka, pantun teka-teki, dan lain-lain.. Pantun yang saya tuliskan cenderung masuk dalam kategori pantun nasehat. Mengapa? Saya melihat dari tayangan video yang agak konyol. Memanjat pohon pepaya, menurutku ini adalah tindakan yang kurang pas dan kurang perhitungan . Tindakan yang demikian justru akan merugikan diri kita sendiri. Bagaimana menurut Anda?

Semua tergantung pada penilaian Pak Komandan. Banyak pantun yang masuk, dan semuanya bagus-bagus hingga membuat bingung Pak Ihsan ( kasih semua saja Pak, biar ga bingung ..hehehe ). Alhasil Beliau menuliskan Pantun yang di-like banyak warganet dinyatakan menangYaaaa.....apa dayaku sekarang? Akhirnya nasib hadiah kaos MG di tangan para warganet..hiks....jadi baper.

Buah mangga buah pepaya

Masih mentah buat lotisan

Yang penting sudah berupaya

Hadiahnya komentar Pak Ihsan

Kembang jati kembang waru

Adanya di pedesaan

Berharap kaos Media Guru

Mungkinkah jadi kenyataan?

Rumahku,11012019

#rejekitakkankemana#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Barakallah, Bunda Marlupi. Semoga asa akan kaos MediaGuru nan elegan kan tercipta nyata. Berjalan jauh pakai sandal. Berjalan dekatnya telanjang kaki. Jangan risau akan gagal. Jawaban hangatnya tanda bukti.

11 Jan
Balas

Terima kasih Bunda Ayu' disempat sempatkan singgah di lapak saya...semoga selalu sehat Bund...sukses ..barakallah

11 Jan

*Karang di pantai* *putih warnanya *Tenangkan hati* *masih ada imbalannya* ....... Semoga

11 Jan
Balas

Mantaaap Pak Tanto..terima kasih doanya..selamat pagi, barakallah

11 Jan

Buah mangga, buah pepaya. Buah jambu, buah kedondong. Ngerujak dooong....hehehe. Masyaallah guru IPA yang satu ini, nyastra banget. Bukan hanya akrostik, pantun pun dilibas. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Bu Guru.

11 Jan
Balas

ngelotis dong...terima kasih apresiasi dan doanya Bunda Rai...semoga sehat selalu...barakallah

11 Jan

Wowwww, Bunda Marlupi memang top markotop. Aku mah tak bisa buat puisi, pantun, terlebih cerpen. Semoga dapat hadiahnya yaj Bund, trus bagi-bagi ke aku, ngarep.com, hehehe. Sukses selalu dan barakallah

11 Jan
Balas

waduuuh..ini baju jadi sesek Bund...terima kasih apresiasi dan doanya ya Bund...sehat selalu,..barakallah

11 Jan

Awak tak pandailah bikin pantun adik cantik...Tapi kakak selalu kasih semangat semoga esok hari mendapat kaos elegant dari Media Guru...Sukses dan sehat selalu..Barakallah...

11 Jan
Balas

Terima kasih doanya Kakak...sehat n sukses slalu...barakallah

11 Jan

Keren, selalu fresh Bu Lupi...

11 Jan
Balas

Terima kasih Jeng Fila...sehat selalu...barakallah

11 Jan

Terima kasih Ibu Marlupi sebelum subuh sudah dapat sarapan pantun nan indah,tolong buatkan pantun jalan-jalannya ke Medan.Barakillah

11 Jan
Balas

Jalan - jalan ke kota Medan Transit dulu di Jakarta Semoga erat persahabatan Jalani hari dengan suka cita Jalan-jalan ke kota Medan Ketemu Bapak Legimin Syukri Jalani babak dalam kehidupan Apapun itu selalu syukuri Tanah miring dibuat sengkedan Biar tanah tidak erosi Kapan undangan ke Medan Bisa bertemu sahabat literasi Semoga sehat selalu Bapak...barakallah

11 Jan

Waaa...maksud hati nulisnya empat baris -empat baris, eh jadinya begitu Pak...Maaf... Makasih berkenan singgah ya Pak..barakallah

11 Jan

belajar pantun dr bu Upik M ... tabarakallah ibu sukses sllu

11 Jan
Balas

Alhamdulillah Mbak Miftah....makasih sudah mampir, semoga sehat n sukses slalu yaaa.....barakallah

11 Jan

Mb.upik udah merambah ke dunia pantun..oknmb..barakallahu

11 Jan
Balas

Merambah dengan tertatih tatih Mbak Binta...spontanitas saja...sehat selalu Mbak..barakallah

11 Jan

Tulisan yang renyah Bunda enak di baca Keren

11 Jan
Balas

Terima kasih Bunda Sri' sudah disempatkan mampir....barakallah

11 Jan

Siiip nan dik Upik pantunnya...pas dihari...ayo lanjut ..sukses selalu

11 Jan
Balas

Makasih Bunda cantiiik...semangat pagi, sehat selalu...ni sudah habis sarapan...barakallah

11 Jan

Hihihi...jadi pengen ketawa saat bunda ngarep dapet hadiah...kebayang banget gimana ekspresi bunda... coba kalau aku yang jadi jurinya, pasti pantun bunda yang juara... soalnya pantunnya mantul bunda... Sukses bunda... barakallah

11 Jan
Balas

xixixixi...Bund bayangin anak kecil yang ngarep banget itu lho, begitu zonk langsung gimana gitu....untung ya sudah tidak kecil..makasih Bunda Yanisa sudah disempatkan singgah..sehat n sukses ..barakallah

11 Jan

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali