Marlupi

Hidup hanya sekali, harus berarti. Kau dilahirkan Ibumu menangis, sedang orang-orang di sekitarmu tertawa ria. Bersungguh-sungguhlah dalam menempa hidupmu, agar...

Selengkapnya
Tim Finish 2226

Tim Finish 2226

Satu bulan sudah pelatihan Virtual Coordinator Trainning ( VCT ) digelar. Salah satu kegiatan yang diadakan oleh SEAMEO. Para peserta melakukan pembelajaran secara online atau daring. Selain belajar yang tak kalah penting adalah mengumpulkan bukti fisik berupa file-file tugas. File ini harus dikirim secara daring pula.

Materi dan tugas yang harus dikumpulkan ada beberapa yang kemudian dikenal dengan istilah 2226. Bukan 212 lho...( kaya Wiro Sableng ). Peserta yang sudah selesai akan ditulis dalam daftar Tim Finish 2226. Ada beberapa peserta yang sangat cepat, seminggu setelah pelatihan digelar langsung on dan menyelesaikan tugasnya. Mereka adalah pembelajar kelas percepatan. Cepat, tangkas dan tepat.

Tak dimungkiri waktu pelatihan bersamaan dengan puasa, lebaran dan penilaian hasil belajar atau raporan. Masa-masa butuh tenaga dan waktu yang agak berbeda, sehingga tugas 2226 pun mengalami banyak hambatan dan tantangan. Peserta harus benar-benqr memiliki niat dan kemauan yang kuat di tengah kesibukan mereka.

Apa sebenarnya 2226?

Setiap peserta harus mampu untuk menjadi presenter atau nara sumber dalam meeting sebanyak dua kali. Selain itu menjadi host, dan moderator juga dua kali. Setiap peserta pun wajib menjadi peserta di conference lain sebanyak enam kali.

Kegiatan VCT memanfaatkan webex room untuk mengadakan meeting dan video conference. Semua peserta melakukan aktivitasnya dalam room ini. Kegiatan ini hanya membutuhkan internet, gawai atau laptop saja. Peserta benar-benar melakukan secara daring. Lambat laun selama sebulan tercipta komunitas belajar. Saling berkomunikasi dan berinteraksi untuk menyelesaikan tugasnya masing-masing.

Tak kalah penting adalah peran instruktur. Tiap kelompok VCT dipandu dan dibimbing oleh instruktur - instruktur yang handal dan kompeten.

Menjelang selesai pelatihan, para instruktur dan peserta pun bahu membahu untuk saling melengkapi tugasnya. Pelatihan ini tak mungkin bisa dilakukan sendirian. Kebersamaan dan tolong menolong pun terasa begitu dekat, meski hanya lewat dunia maya. Akhirnya senyum pun terkembang ketika bisa menyelesaikan pembelajaran dalam pelatihan dengan maksimal. Proses sudah dilakukan. Kini tinggal menunggu kelulusan. Sama seperti siswa , guru pun harap-harapa cemas menanti kelulusan. Sambil menunggu hasil terselip harapan, hasil tak akan pernah mengkhianati usaha. Semoga semua mendapatkan hasil yang terbaik sesuai usahanya.

Mendapatkan ilmu yang bermanfaat, tambah saudara dan terbentuk komunitas belajar yang hebat dan luar biasa.

Terima kasih semuanya. Instruktur - instruktur yang hebat dan teman-teman para guru pembelajar yang luar biasa.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Banyak guna hasil nimba ilmu. Salam sukses bun!

26 Jun
Balas

Leres Pak...tambah ilmu tqmbah saudara. Salam sehat dan sukses selalu.. Barakallah Pak Tanto

26 Jun

Masyaallah..., ruaaarrrr biasaaahhhh. Baru sempat baca, Bu Guru. Kalau menurut saya sih, tim ini emang "sableng" kayak Wiro 212 yang miliki keahlian "tidak biasa" untuk memajukan pendidikan anak negeri. Bismillah, didoakan hasilnya pasti yang terbaik. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Bu Guru Lupi.

26 Jun
Balas

Terima kasih Bunda Rai, di sela kesibukan literasi DIM, masih disempatkan singgah. Sukses terus Bunda. Barakallah ya..

27 Jun

Keren Bunda Lupi. Aku mah gak paham sosl begitu karena gaptek dan malas belajarnya, hehehe. Banyak teman-teman di Bekasi yang ikut VCT itu, tapi aku mah gak mau, hehehe. Pemalas yah. Sukses selalu dan barakallahu fiik

26 Jun
Balas

Coba Bunda Vivi ikut gelombang selanjutnya..asyik lho Bund, dan pasti bisa. Terima kasih berkenan singgah. Salam sehat dan sukses.. Barakallah Bun

26 Jun

Wow keren adik cantik...Semoga mendapat hasil yang terbaik..Amin...Salam sehat dan bahagia ...Barakallah...

26 Jun
Balas

Terima kasih doanya Kakak cantik. Salam sehat dan sukses..barakallah ya Kak

26 Jun

Selamat dik Upik...semoga barokah ilmunya...Sik gek mulai aku

27 Jun
Balas

Terima kasih Mbak Titik..Salam sehat dan sukses. Barakallah ya

27 Jun

Selamat dik Upik...semoga barokah ilmunya...Sik gek mulai akup

27 Jun
Balas

Selamat dik Upik...semoga barokah ilmunya...

27 Jun
Balas

Aamiin...mqkasih Mbak Titik...sukses selalu.. Barakallah

01 Jul

Sukses terus bu, saya sendiri saat itu sudah daftar, cuma sayang signal di rumah kurang mendukung.. jadi batal deh.

26 Jun
Balas

Aduh sayang ya .sinyal sering jadi kendala, saya kadang ngungsi ke sekolah juga. Sukses selalu Mbak Rrsti, besok masuk lagi dan tuntaskan.. Sehat n sukses.. Barakallah

26 Jun

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali